Monday, December 22, 2008

.. hanya memberi.. tak harap kembali..

Saya yakin sekali kata-kata sakti itu benar adanya. Kasih Ibu adalah murni. Hanya memberi. Tak harap kembali. Tapi terkadang seorang pun bisa khilaf, termasuk seorang ibu, seperti ketika saya lihat sebuah acara di TransTV hari Minggu pagi. Kisah mengenai anak-anak yang berjualan cobek di Bandung. Mereka pergi dari Padalarang pagi-pagi, memanggul cobek berat-berat, melupakan sekolah, berharap rupiah yang tidak seberapa, kemudian kembali ke rumah, dan menyerahkan hasilnya kepada orang tuanya: ayah dan ibu. Sementara ibu menggunakan baju baru dan nampang di tv. Sementara ayah berkata bahwa ia tidak tega tapi mau berkata apa.

22 Desember. Hari Ibu.

Kasih Ibu sepanjang masa. Hanya memberi. Tak harap kembali. Saya belum menjadi ibu tapi dari dahulu saya geram sekali pada orang tua yang menyia-nyiakan anaknya, terutama jika ibu yang melakukannya. Sempat berdiskusi dengan teman mengenai apa yang bisa dilakukan, sebuah tindakan nyata dan bermakna, supaya anak-anak di seluruh dunia terlindungi, minimal di lingkungan di sekitar saya. Dulu waktu kuliah di Jatinangor, saat idealisme saya pada puncaknya, saya sempat ingin membuat suatu gerakan. Menjangkau anak-anak jalanan, memberi pemahaman kepada orang tua, dan akhirnya meningkatkan kualitas hidup mereka. Akhirnya saya sadar, bahwa saya terlalu berkhayal, dan segera menyimpan segala hitung-hitungan, strategi, rencana di kertas-kertas yang sempat saya pikir adalah sesuatu yang brilliant, ke dalam lemari saya.


Dalam beberapa bulan Insya Allah saya akan menjadi seorang ibu. Saya tidak punya manual book mengenai bagaimana memiliki anak, berjuang deminya, dan memastikan ia menjadi umat dunia yang berguna bagi agamanya. Saya memang memiliki contoh ibu-ibu yang luar biasa. Ibu saya dan seorang Ibu lain yang saya kagumi namun tidak bisa saya sebutkan namanya disini. Tetapi tidak menjamin bahwa saya tidak akan khilaf dan berbuat sesuatu yang salah. Saya cuma bisa meminta rahmatNYA untuk menjaga saya.


Hari ini adalah Hari Ibu. Mungkin hanya sebuah tanggal dan tidak cukup hanya dengan sebuah tanggal dalam tigaratusenampuluhlima hari kita menghargai jerih payah Ibu. Tetapi tidak perlu menjadi skeptis dan melupakan hari ini karena berpendapat, kita harus menghargai Ibu kapanpun, tidak hanya pada Hari Ibu. Mari coba menjadikan hari ini momen kita kembali mengingat Ibu dan berharap esok hari dan seterusnya kita memiliki feeling atas momen yang sama.




Selamat Hari Ibu.

-------
Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.
(QS 2:233)

5 comments:

Anonymous said...

Kasih ibu sepanjang jalan.
Kasih anak sepanjang galah.

Sebuah bundle informasi yang saya jamin bagus buat anda
Informasi tentang bagaimana membuat bisnis online sendiri, bagaimana agar eksis di search engine manapun, sampai membuat website profesional dengan wordpress.org (bukan wordpress.com lo ya..) juga bagaimana script membuat web iklan baris semuanya ada disini
Salam hangat.

Unknown said...

"mampir dan konfirmasi"
saya datang negri seberang sana.
untuk konfirmasi aja. kalo link blog ini udah aku pasang diblog ku "di widget blogroll pertama" halaman depan.
klo berkenan mampir ya liat2 and jangan lupa add link blog ku juga disini ya?
http://idcreativity.blogspot.com/
makasih sob.
maju blogger indonesia.

shanty said...

luchu sekali sih baby-nyaaaaa

TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia said...

nice blog..kok gak pernah diupdate?
TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia | Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia | Voucher Hotel Murah di RajaKamar.Com

aksesoris mobil avanza said...

nice story sob...thx ya