Tuesday, March 20, 2007

..:: ASD ::..

entah karena aku begitu bodoh, atau imajinasiku terlalu jauh, alhasil setelah sekitar 8 bulan aku baru tahu apa itu ASD.
ngg.., postingan ini si murni pribadi, jd kamu pun ndak akan bisa bermain tebak kata, menjadi sok pintar, atau memberikan tangan untuk membantu menemukan apa arti dari ASD. tapi satu hal kenapa aku ingin sekali menulis ttg ini adalah krn dari kejadian inilah aku kembali disadarkan untuk lebih empati, menggunakan hati dan membuang ego.

adalah adikku yang bungsu yang selalu menuliskan ASD sbg nama pemain dalam game yang dimainkannya di handphone, PC, notebook dan PS nya. pertama kali aku langsung bertanya pada anak usia 7th (waktu itu) apakah ASD itu bermakna sesuatu. dia hanya menggeleng. aku katakan bahwa tidak mungkin itu adalah singkatan namanya. dia hanya senyum sambil cuek meneruskan aktivitasnya saat itu. rasa penasaranku semakin menjadi. ketika ada kesempatan ke bandung berikutnya aku pancing lagi.
"ada anak cewek cantik nggak dek di kelas adek?" adikku menggeleng.
"kl cewek yang pinter?" adikku kembali menggeleng.
jadi siapa ya..??

agak bingung dan geregetan dibuatnya. adikku yang usianya terpaut sangat jauh (19.5th) dan nggak jarang aku posisikan sebagai anak drpd adik, ternyata bukan menjadi orang yang mudah kukenali lagi. dahulu, begitu mudah merasakan ketika hatinya "kena" dan sakit krn aku marahi. atau ketika dia begitu bandel dan keras kepala meminta sesuatu kdg kala aku tau mana yg bisa ditawar mana yg tidak. atau ketika dua minggu sblm sy menikah, adik kecilku itu masuk ugd dan trombositnya smkn melemah hingga 26ribu, aku menjadi lumpuh sekali dan terpikirkan untuk menunda semuanya.

tapi sekarang, untuk mengetahui apa itu ASD, aku menjadi tolol sekali.
kemudian aku berusaha belajar untuk mengenali adik adi lagi. dia suka michael ballack (mmhh.., tidak ada unsur ballack tampaknya dalam ASD), kemudian petr cezh (ASD.. petr cezh, tidak.. tidak..), mobil balap, game grand theft auto, maglev (magnet train), boeing, airbus. semua yg di kepalaku tentang kesukaannya aku otak-atik. aku browsing di internet, ikut bersamanya bermain, kadang-kadang nyeletuk untuk memancing. pokoknya melakukan usaha apapun untuk mengkonfirmasi dugaanku ttg apa itu ASD. tp dia masih diam dan menggeleng.

kemarin, waktu kami menginstall game baru di notebook, aku memeluknya sambil menunggu game itu terinstall dengan sempurna. krn agak lama, adik kecilku itu bosan dan meninggalkan aku n notebook. sebenernya ada rasa kecewa krn aku yang sedang damai memeluk kemudian ditinggalkan begitu saja. kemudian ketika masuk ke dalam game nya dan diminta untuk menulis nama player, aku seketika menulis ASD. seketika pula aku mendapatkan jawabannya sekaligus.

begitu sederhana. ASD.. Adi Sayang Dini.

aku langsung mendatangi adikku itu. aku peluk n ciumi. kubilang aku berhasil mengetahui apa itu ASD.
"apa?" katanya menantang.
"Adi Sayang Dini" seruku.
dan adikku itu mengangguk dan tersenyum. hepiii banget rasanya. ternyata tidak perlu pintar, tidak perlu dermawan, tidak perlu menggunakan topeng apapun untuk mengetahui kebenaran yang disampaikan anak kecil. cuman perlu jujur dan membiarkan hati kita disentuh. maka terbuka lah semuanya.

---
cerita ini aku dedikasikan kepada 2 malaikat kecil yang kutemui sabtu-senin dan membuatku belajar banyak dalam long weekend ini.
maaf ya Sayang.., krn kita masih belum bisa sering bersama.
smg Allah mencintai malaikat-malaikatku ini dan melindunginya selalu. amin..


5 comments:

Rey said...

wahhh kok ndak ada yg komen tho? yo wis aku aja sing komen.

Aku mbacanya terharu banget lho mbak... Adi Sayang Dini... hiks hiks hiks, duuhh kapan yaa ada yg Sapa Sayang Rey gitu... hiks hiks hiks. Salam buat dek Adi yaa...

STAR said...

:: rey

iya nii rey.. jarang banget yg comment di blog ku. hikz.. :((
makasih comment nya ya.. iya, aku juga kl mengingatnya jadi terharu lagi.. hikz.. jadi kangen..

Wulan said...

Wah.. bagus banget ceritanya.. :) Hehehe.. duh itu beneran adiknya jarak usianya 19.5 tahun yah? :)

STAR said...

:: wulan

makasi ya mba komentarna.. beneran itu adikku.. untung dulu sempet suka baju ngepas2, jd ndak ada yg memfitnah aku pny anak di luar nikah kl ngliat aku lg mesra2an dg adikku. he3..

gadisbintang said...

huhuhu.. terharuuu.. ^_^
kadang anak-anak memang punya cara unik untuk ngungkapin perasaannya ya, mbak.. ^_^ huhu.. salam buat Adi ya, mbak andini.. :)